Thursday, December 13, 2012

makalah awal peradaban manusia



                                                                         BAB I                                                           
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang            

                        Peradaban adalah memiliki berbagai arti dalam kaitannya dengan masyarakat manusia. Seringkali istilah ini digunakan untuk merujuk pada suatu masyarakat yang "kompleks": dicirikan oleh praktik dalam pertanian, hasil karya dan pemukiman, berbanding dengan budaya lain, anggota-anggota sebuah peradaban akan disusun dalam beragam pembagian kerja yang rumit dalam struktur hirarki sosial.
Dalam sebuah pemahaman lama tetapi masih sering dipergunakan adalah istilah "peradaban" dapat digunakan dalam cara sebagai normatif baik dalam konteks sosial di mana rumit dan budaya kota yang dianggap unggul lain "ganas" atau "biadab" budaya, konsep dari "peradaban" digunakan sebagai sinonim untuk "budaya (dan sering moral) Keunggulan dari kelompok tertentu." Dalam artian yang sama, peradaban dapat berarti "perbaikan pemikiran, tata krama, atau rasa". [3] masyarakat yang mempraktikkan pertanian secara intensif; memiliki pembagian kerja; dan kepadatan penduduk yang mencukupi untuk membentuk kota-kota. "Peradaban" dapat juga digunakan dalam konteks luas untuk merujuk pada seluruh atau tingkat pencapaian manusia dan penyebarannya (peradaban manusia atau peradaban global). Istilah peradaban sendiri sebenarnya bisa digunakan sebagai sebuah upaya manusia untuk memakmurkan dirinya dan kehidupannya. Maka, dalam sebuah peradaban pasti tidak akan dilepaskan dari tiga faktor yang menjadi tonggak berdirinya sebuah peradaban. Ketiga faktor tersebut adalah sistem pemerintahan, sistem ekonomi, dan IPTEK.

B.     RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini penyusun akan membahas mengenai awal mula munculnya peradaban.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian
Awal peradaban manusia terdapat perbedaan yang besar antara Ilmuwan (terutama penganut ilmuwan barat ) dengan agamawan , terutama penganut agama timur tengah . Sebagian besar Ilmuwan (scientist ) berpegang pada teori evolusi yang di perkenalkan oleh Charles Darwin . Dalam artikel ini perbedaan ini tidak dijadikan pembicaraan yang detail , Data - data dari Agama 2 Timur Tengah kemudian disebut dengan " TEKS -TEKS ABRAHAMIC " sedangkan data - data dari teori evolusi disebut dengan " TEORI EVOLUSI " .
Sejarah manusia purba dalam " TEORI EVOLUSI " antara lain : 
1.                   Australopithecus africanus adalah species hominid awal , yang hidup sekitar 2-3 juta tahun yang lalu pada era pliosen . ditemukan di empat situs di Afrika selatan - Taung tahun 1924 , Sterkfontein tahun 1935 , Makapansgat tahun 1948 dan Gladysvale tahun 1992
2.                   Paranthropus Robustus ditemukan di Afrika selatan tahun 1938 oleh antropolog Robert Broom diperkirakan hidup antara 2 - 1,2 juta tahun yang lalu
3.                   Sinanthropus Pekinensis ( Manusia Peking ) fosilnya ditemukan antara tahun 1923 - 1927 di Zhou koudian dekat beijing diperkirakan hidup tahun 500 ribu tahun yang lalu
4.                   Meganthropus Paleojavanicus, fosil ini ditemukan disangiran Jawa tengah oleh Von koningwald tahun 1939-1941 diperkirakan hidup 1,4 -0,9 juta tahun yang lalu
5.                   Manusia heidelbergensis ditemukan dijerman hidup antara 600 ribu - 400 ribu tahun yang lalu
6.                   Pithecanthropus Erectus , ditemukan di Trinil Jawa tengah tahun 1891 oleh Eugene Dubois . Hidup dijaman Pleistosin 300 ribu - 500 ribu tahun lalu
7.                   Manusia Swanscombe dari Inggris hidup 400 ribu tahun yang lalu
8.                   Neadhertal ditemukan di belgia tahun 1892 , Gibraltar 1848 , jerman 1856 , proto neadherthal diperkirakan hidup 350 tahun lalu .
9.                   Manusia Cro magnon fosil ditemukan di Prancis hidup sekitar 35 ribu tahun yang lalu , diperkirakan penyebarannya berasal dari afrika dan menyebar ke Asia dan Eropa selanjutnya melalui selat bering Menyeberang ke Amerika
10.               Manusia Shanidar , fosil ditemukan di Gua Shanidar pegunungan zagros kurdistan hidup 60 ribu - 80 ribu tahun lalu
11.               Manusia carmel ditemukan Dorothy garrod q930-1932 di lembah Yizreel Haifa Israel hidup 600 ribu tahun lalu
12.               Manusia Steinhem ditemukan di Steinheim Derr Murr 20 km dari kota stutgart jerman hidup 250 ribu - 350 ribu tahun lalu .
Sejarah manusia berikutnya diambil dari teks - teks ABRAHAMIC " TAURAT , INJIL , ZABUR , DAN ALQUR'AN " . terutama dari kisah kisah nabi nabi yang tertulis dalam teks Alqur'an sebagai sumber terbaru ( muncul paling akhir ) dan Injil ( kitab kejadian ) .
Teks - teks Abrahamic (Qur'an dan Injil ) menjelaskan data baru bahwa ada mahluk yang disebut manusia yang diturunkan dari langit yang disebut dengan Nama ADAM ( laki - laki ) dan HAWA ( perempuan ) , yang turun ke bumi sekitar 5000 tahun sebelum masehi dengan dibekali banyak pengetahuan yang maju. Adam diturunkan dibumi di daerah Safa Srilangka dan setelah itu 130 tahun kemudian hawa diturunkan di marwa , kedua mahluk ini dipertemukan di Jabal rahmah ( sumber dari qur'an ) . Adam dan hawa berbiak dengan cepat mereka melahirkan 40 anak kembar , usia mereka juga sangat panjang mereka hidup selama 930 tahun ,dengan perkembangan sangat cepat dan umur yang lama maka dalam tempo 1500 tahun sesudahnya kaum mereka sudah menyebar keseluruh dunia , sehingga pada tahun 3000 an sebelum masehi sudah muncul peradaban 2 di Mesopotamia , Mesir , Asia kecil , Eropa selatan , India dan Daratan China . Pengetahuan pengetahuan yang dibawa adam ke Bumi antara lain :
Ilmu pertanian dan irigasi
Ilmu peternakan
Pemakaian Kuda sebagai Transportasi
Pengetahuan gambar
Pengetahuan Roda
Peleburan logam / besi
Ilmu bangunan
Ilmu Ketuhanan ( Teologi )
Ilmu tenun dan pengetahuan cara berpakaian
Ilmu memasak makanan dengan api
Membuat senjata untuk pertahanan diri dan berperang
Kemampuan membuat struktur sosial masyarakat ( bernegara)

Salah satu keturunan Adam adalah Syits , dan Idris

Dalam kitab kejadian pada Torah dan Alkitab pasal 2 dan 3, dan sedikit disinggung pada pasal 4 dan 5. Beberapa rincian lain tentang kehidupannya dapat ditemukan dalam Kitab2 apokrif seperti Kitab yobel , kehidupan Adam dan Hawa, dan kitab Henokh.
Menurut kisah di atas, Adam diciptakan menurut gambar dan rupa Allah . Adam kemudian ditempatkan di dalam Taman Eden yang berarti tanah daratan, terletak di hulu Sungai Pison, Gihon, Tigris, dan Efrat (di sekitar wilayah Irak saat ini). Ia kemudian diperintahkan oleh-Nya untuk menamai semua binatang. Allah juga menciptakan makhluk penolong, yaitu seorang wanita yang oleh Adam dinamai Hawa. Adam dan Hawa tinggal di Taman Eden dan berjalan bersama Allah, tetapi akhirnya mereka diusir dari taman itu karena mereka melanggar perintah Allah untuk tidak memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.








BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan

Awal peradaban manusia terdapat perbedaan yang besar antara Ilmuwan (terutama penganut ilmuwan barat ) dengan agamawan , terutama penganut agama timur tengah . Sebagian besar Ilmuwan (scientist ) berpegang pada teori evolusi yang di perkenalkan oleh Charles Darwin . Dalam artikel ini perbedaan ini tidak dijadikan pembicaraan yang detail , Data - data dari Agama 2 Timur Tengah kemudian disebut dengan " TEKS -TEKS ABRAHAMIC " sedangkan data - data dari teori evolusi disebut dengan " TEORI EVOLUSI " .
Sejarah manusia berikutnya diambil dari teks - teks ABRAHAMIC " TAURAT , INJIL , ZABUR , DAN ALQUR'AN " . terutama dari kisah kisah nabi nabi yang tertulis dalam teks Alqur'an sebagai sumber terbaru ( muncul paling akhir ) dan Injil ( kitab kejadian)
Teks - teks Abrahamic (Qur'an dan Injil ) menjelaskan data baru bahwa ada mahluk yang disebut manusia yang diturunkan dari langit yang disebut dengan Nama ADAM ( laki - laki ) dan HAWA ( perempuan ) , yang turun ke bumi sekitar 5000 tahun sebelum masehi dengan dibekali banyak pengetahuan yang maju. Adam diturunkan dibumi di daerah Safa Srilangka dan setelah itu 130 tahun kemudian hawa diturunkan di marwa , kedua mahluk ini dipertemukan di Jabal rahmah ( sumber dari qur'an ) .




DAFTAR PUSTAKA





No comments:

Post a Comment